Saturday 17 November 2012

GARIS BESAR IDE PEMBENTUKAN PRODI/JURUSAN STUDI PENDIDIKAN PENGEMBANGAN SOSIAL (SPPS).


Studi Pendidikan Pembangunan Sosial (SPPS) adalah suatu Jurusan di Perguruan Tinggi yang memiliki konstruk sistem ilmu spesifik dalam memahami hakekat dan fungsi pendidika in formal, non formal dan formal. dalam implementasinya memiliki kemampuan spesifik mensinergikan ketiga sistem tsb dalam proses pengembangan masing2 subsistem pendidikan dlm kerangka pembangunan sistem sosial Pancasilais bangsa Indonesia sebagai negara kesatuan yg berideologikan Pancasila.

Kata Studi memberikan arti pada upaya aqidah dan ilmiah yg terarah,
dgn proses yg terus menerus sehingga sampai pada tercapainya suatu indikator obyektif (evaluatif) yg memberikan kejelasan makna korelasi dan korespondensi telah tercapainya suatu kebenaran, kejelasan, keajegan dan kespesifikan ilmu dalam keterkaitannya dgn konfigurasi ilmu yg telah mapan, baik ilmu yg ada di unit sosial informal, unit sosial non formal dan unit sosial formal.
Selain itu kata studi juga berarti upaya yang terus menerus menginternalisasikan (mendarah dagingkan) ilmu diatas kedalam diri setiap mahasiswanya, melalui tahapan kognisi, afeksi dan konasi dgn sisitem evaluasi valid yg ketat sehingga mencapai indikator empiris implementatif.
Kata Pendidikan adalah predikat yg mengandung arti suatu yg dipelajari secara aqidah dan ilmiah dgn menggunakan kaidah2 ilmu informal, nonformal dan formal sampai pada tingkat yang optimal menurut indikator yag telah dikembangkan untuk itu dan telah terjamin keakuratannya..
Kata Pembangunan sosial, mengandung arti objek atau sasaran utama yang akan dikenai oleh upaya2 yang dilakukan diatas. Atau suatu kondisi proses atau kondisi hasil proses sbg suatu (yg merupakan) kondisi yg telah dirancang dlm dimensi ide yang dilandasi oleh aqidah dan ilmiah dan kondisi riil empiris yang dilandasi oleh alat ukur yg valid.
Kapabilitas dan kompetensi profesi yang dimilki oleh alumni SPPS adalah ahli dalam bidang menganalisa sub2 sistem pendidikan yg membentuk Tripusat Pendidikan Indonesia dgn alat ukur yg spesifik yg tidak dimilki oleh prodi2 lain.
Mampu merancang dan melaksanakan program pengembangan sub2 sistem pendidikan Indonesia yg sistemik sbg pra kondisi dalam mewujudkan pembangunan sisitem sosial Pancasilais.
Mampu Membuat rancangan UU Sisdiknas Indonesia yg berlandaskan pd idiologi negara. Mampu Menyusun kurikulum yg terintegratif dalam seluruh strata pendidikan formal. Mampu menstimulir kondisi proses berjalannya sub sistem pendidikan in dan non formal. Mampu menjalankan fungsi sebgai pengawas sistem pendidikan yg telah dirancang. Mampu menjalankan fungsi sbg konsultan dalam bidang pendidikan kedinasan dlsb.
Lapangan Profesi di unit sosial Formal Yang Representatif Bagi Alumnus SPPS adalah, staff ahli presiden dalam bidang pengembangan dan pembangunan sistem sosial Pancasilais. Menteri Pendidikan atau staff ahli menteri pendidikan. Staff ahli di Bapenas. Staff ahli menteri2 negara yg terkait. Staff ahli di DPR, DPRD tingkat I,II. Staff ahli di Pemprof, pemda, kecamatan, kelurahan/desa. Perusahaan2.
Lapangan Profesi di unit sosial non formal, sebagai agent of change, wirasawastawan, tokoh masyarakat, pendidik non formal.
Lapangan profesi di unit sosial in formal, sbg pendidik informal.
Dengan memiliki ilmu/keahlian yg spesifik akan berkorelasi dengan profesi yg spesifik pula dan kemudian pada ahirnya akan mendapat legitimasi profesi dari pemerintah yg terwujud dalam bentuk perlindungan profesi secara formal (regulasi profesi) dan perlindungan kode etik melalui organisasi profesi...Wallahu a lam.
Teman2 sealmamater. Sekarang sy merasa lega.
Utang pengetahuan sy pada sesama anak bangsa telah tertunaikan.
Janji profesi telah dilunasi.
Penting tidaknya. perlu tidaknya. berharga tidaknya. bermakna tidaknya untuk direalisasikan, sy serahkan pertimbangannya pada sahabat2 smua.
Namun titip, janganlah ini ditafsirkan sebagai kepongahan, krena niatnya bukan lahir dari keangkaramurkaan...
Jangan pula diterjemahkan sombong, krn tiada ada niat merongrong...
Labih baik tanggapi dgn besar hati, moga ilmu haqiqi tercurah dari Illahi...Insyaallah.
Salam dari sang penyemai vimobora...

No comments:

Post a Comment