Thursday 15 November 2012

Silogisme Fenomen dan Noumen

Kalau Nabi Muhammad SAW, dalam kesehari hariannya di tuntun oleh wahyu yg kemudian setelah di tulis menjadi Alquran dan yg melengkapinya di sebut hadist...maka masyarakat madani (civil society) yg tercipta pada zamannya Rasulullah saat itu di Madinah murni merupakan manifestasi ketataan Rasul dan kaumnya pada wahyu dari Tuhannya...... Dan kalau Alquran merupakan wahyu yg paling lengkap dan dijaga dari kesalahannya sampai ahir jaman... maka pada jaman sekarangpun masyarakat madani bisa terwujud bila orang2nya berpegang teguh pada tali Allah dan sunah RasulNYa .

Dan bila Rasulullah dalam hadistnya menganjurkan kaumnya untuk tolab ilmu ke negeri China...maka yakin yg perlu dicari bukanlah ilmu sosial, tetapi ilmu alam/teknologi...karena pada saat itu cina sbg pionir penemuan beberpa teknologi, spt sutra, mesiu dan kertas,... dan masyarakat madani bukan dikonstruks oleh ilmu sosial yg spt skrg, sehubungan pada saat itu ilmu sosial belum ada, tetapi dikonstruk melalui wahyu Allah yg ada dlm Alquran dan Hadist.

Bila sekarang kita masih yakin pada pendapat bahwa ilmu sosial yg ada
sekarang akan mampu mewujudkan masyarakat madani.....maka pikiran kita sangat perlu di pertanyakan keajegan dan kesehatannya, karena ilmu sosial yg ada sekarang murni hanya menggunakan potensi akal manusia semata dalam mengeksplornya.
Dan bila kita mengharapkan adanya ridho Allah shg terwujudnya kembali type sistem sosial masyarakat madani di Indonesia...maka ilmu sosial kita harus digali dari keimanan yg sebenar benarnya iman pada Allah SWT, dimana menempatkan Alquran sebagai grand theorynya yg kemudian ditindak lanjuti oleh potensi pikir ajeg yg telah sarat oleh nilai kebenaran Illahi sehingga melahirkan cara pandang fitrahwi yg merupakan modal untuk mampu memperlakukan sesama manusia sebagi mahluk fitrah ciptaan yg Maha Fitrah yg memiliki kesederajatan dlm memikul tugas sebagai khalifah di muka bumi sehingga berimbas signifikan pada kearifan dalam mengeksplorasi, mengeksploitasi dan mengkonsumsi mahluk non manusia yg berada di langit dan di bumi yg telah ditundukan Allah untuk kesejahteraan bersama....
Wallahu a lam.

No comments:

Post a Comment