Thursday 15 November 2012

Indahnya Kebersamaan


Sholat dzuhur di mesjid ini serasa shalat jumatan. Mesjid yang ukurannya cukup besar, dipenuhi oleh orang muslim dari berbagai strata sosial yang akan melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.
Yang sangat menarik setelah sholat selesai didirikan dan para jemaahnya melaksanakan kegiatan ibadah tambahan lainnya, kaum perempuan yg jumlah tidak bisa dikatagorikan sedikit, ngantri masuk kemesjid dgn tertib meletakan berbagai macam hidangan makan siang yang tata caranya terlihat sudah sangat biasa. Diantara wanita yang membawa makanan tersebut nampak juga mereka2 yg tidak berjilbab, ada yg terlihat spt etnis Tionghowa, malah ada beberapa yg terlihat etnis Indonesia bagian timur yang sangat mungkin bukan muslimah.

Para wanita tersebut dalam perilaku antar sesamanya nampak begitu cair, terlihat akrab dan hangat. Seperti layaknya hubungan perempuan kakak beradik.
Setelah selesai menyusun makanan ses

uai dgn tata ruang yang memudahkan para jemaah bisa tertib dan mudah melaksanakan kegiatan makan siangnya, para kaum wanita tersebut memisahkan diri dari para jemaah laki laki yg segera menyantap makan siang secara berjamaah. Mereka masuk keserambi mesjid dan duduk bersila gaya perempuan. Mereka tidak ikut melaksanakan kegiatan makan bersama, mereka hanya duduk seolah sedang menunggu.

Ternyata benar setelah kaum muslimin selesai melaksanakan makan siang berjamaahnya, para wanita tersebut dgn serempak dan dgn cekatan membersekan peralatan dan hidangan yang masih tersisa.
Dgn waktu yang sangat efisien, kondisi masjid sudah bersih dan rapih kembali seperti sedikala.
Beberapa jemaah secara sendiri-sendiri kemudian ada yang masuk pada ruang-ruang yang nampaknya telah disediakan khusus untuk keperluan tertentu, sementara yg lainnya ada yg masih tetap bersila ditempatnya, spt yg sengaja menunggu giliran masuk ke ruang2 khusus tsb, sementara jemaah lainnya ada yang meninggalkan mesjid.
Ternyata ruang2 khusus tersebut didalamnya telah diisi oleh para pakar2 dibidang tertentu untuk memberikan bimbingan pada jemaah yang memerlukan petuahnya secara pribadi sesuai dgn masalah yg dihadapinya.

No comments:

Post a Comment